Rabu, 16 Januari 2008

FASILITAS MAN 2 SAMARINDA

PSBB
(PUSAT SUMBER BELAJAR BERSAMA)
PSBB merupakan unit kerja yang dimiliki MAN Model Samarinda guna mempercepat peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan program, kebijakan, pelatihan guru dan pegawai. PSBB dilengkapi dengan beberapa fasilitas penting
dalam menunjang peningkatan profesionalisme guru dan pegawai antara lain, Laboratorium IPA, Laboratorium Bahasa,
Perpustakaan, Asrama, Auditorium dan Kelas Belajar. Lokasi PSBB tidak jauh dari gedung belajar utama MAN Model.


Laboratorium IPA

MAN Model Samarinda memiliki 2 lokal untuk laboratorium IPA yaitu laboratorium Fisika yang terletak di bagian barat lokasi MAN, dan laboratorium Biologi – Kimia dengan luas 200 M2. Disamping 2 lokal laboratorium IPA di atas, siswa dan guru MAN Model masih dapat memanfaatkan laboratorium IPA yang dimiliki PSBB. Yang letaknya berdekatan dengan laboratorium MAN Model Samarinda. Laboratorium IPA MAN Model Samarinda dan PSBB dilengkapi dengan alat dan bahan yang memadai dan lengkap bagi kegiatan belajar siswa maupun guru melalui serangkaian percobaan, eksperimen atau pengamatan.
 

Laboratorium Bahasa

Meskipun secara administrasi MAN Model belum memiliki laboratorium bahasa sendiri, tetapi siswa dan guru MAN Model dapat memanfaatkan fasilitas laboratorium bahasa yang dimiliki PSBB.
Fasilitas laboratorium bahasa ini dilengkapi dengan AC (air conditioner), komputer dan media visual yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih efektif dan kondusif.


 Laboratorium Komputer

Luas bangunan laboratorium Komputer milik MAN Model adalah 200M2. Laboratorium komputer merupakan fasilitas yang berfungsi Perangkat komputer yang dimiliki MAN Model Samarinda dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dalam mendukung peningkatan proses pembelajaran, seperti CD room, Hardiks, dan modum internet sehingga memungkinkan siswa dan guru dapat menemukan informasi terkini melalui cendela WEB.
Disamping, untuk mendukung proses kegiatan belajar mengajar , pengelolaan komputer juga dikelola guna memberi bekal keterampilan siswa menggunakan perangkat komputer melalui kursus dan pelatihan.


Perpustakaan

Siswa MAN dapat menimba pengetahuan tidak hanya di dalam kelas, tetapi mereka juga dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Perpustakaan ini terletak di tengah-tengah lokasi MAN Model sehingga mudah terjangkau. Luas bangunan Perpustakaan 50 M2. Perpustakaan MAN Model memiliki kurang lebih 497 buah judul buku, dengan jumlah buku kurang lebih 19.841 eksmplar. Dengan jumlah dan judul buku yang tersedia memungkinkan siswa MAN Model dapat bersaing dengan siswa dari sekolah umum lainnya.
Koleksi buku yang dimiliki MAN Model jauh lebih baik dibanding madrasah-madrash aliyah lainnya di propinsi Kalimantan Timur. Namun pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar oleh siswa, guru dan pegawai MAN Model masih rendah. Kondisi ini antara lain disebabkan oleh kondisi ruang perpustakaan MAN Model yang masih sederhana dan belum memenuhi kriteria sebagai ruang perpustakaan yang dapat memberikan kenyamanan, dan ketenangan dalam menimba ilmu pengetahuan.


Lapangan Olah Raga

Secara khusus, fasilitas lapangan olah raga tidak dimiliki oleh MAN Model Samarinda. Akan tetapi halaman MAN model yang cukup luas disamping dapat digunakan untuk kegiatan upacara bendara dapat pula digunakan untuk kegiatan olah raga seperti Volly Ball, Sepak takraw, dan senam kesegaran jasmani. Di-samping itu, MAN Model memiliki aula yang dapat dialih fungsikan sebagai gedung olah raga bulu tangkis yang keterpakaiannya masih perlu di atur lebih lanjut.


Asrama (bagi yang memiliki prestasi)


Asrama berkapasitas Sementara ini asrama siswa digunakan untuk menampung siswa yang tempat tinggal orangtua jauh dari kota samarinda. Letak bangunan ini dekat dengan asrama PSBB dengan daya tampung kurang lebih 60 orang. Luas bangunan asrama kurang lebih 310 M2 .

Tidak ada komentar: